Halo halo halo. Sebelumnya perkenalkan: Nama saya Andreas, juga dikenal dengan handle Catshade di segelintir komunitas online. Salah satu hobi saya adalah bereksperimen dengan blog baru; The Playing Man (untuk selanjutnya disingkat dengan TPM) kali ini adalah mainan terbaru saya.

Apa itu TPM? Sederhananya, TPM adalah sebuah blog santai yang membahas mengenai video game dan hiruk pikuk kehidupan di sekitarnya. Namanya sendiri diambil dari konsep antropologi mengenai “bermain sebagai elemen budaya” (Homo Ludens). Semuanya mungkin terdengar begitu serius, maka saya perlu menegaskan kembali kata kuncinya: Santai. It’s about video games and the people who create or play them.

Sebenarnya, “santai” yang saya maksud lebih ke soal kerangka kerja – bagaimana saya akan menangani TPM. Saya tidak berniat mengurus blog ini secara profesional penuh dengan jadwal yang terencana jauh-jauh hari dan tenggat waktu yang ketat. Saya akan menulis semampu dan selowong saya, jadi harap maklum jika ada dua tulisan dalam satu minggu, lalu dua bulan berikutnya tak ada kabar.

Dari segi konten, “santai” berarti saya tidak akan banyak mengulas mengenai berita teraktual atau rumor terpanas dari industri game. Karena saya menulis sesempatnya, maka berita atau rumor yang dicari-cari biasanya sudah ditulis duluan di puluhan blog-blog terkemuka dan dibahas jutaan kali di pelbagai forum dan kanal media sosial. Jika tidak ada hal substansial yang ingin saya tambahkan, saya mungkin tidak akan membahasnya sama sekali.

Sedikit OT: Kalau yang anda cari adalah newsfeed, saya menyarankan Kotaku (saya tautkan dengan tag Kotaku Core supaya berita-berita mengenai anime, Jepang, komik, cosplay, dan resensi kudapan terfilter semua) atau Rock, Paper, Shotgun (untuk berita dan artikel yang lebih PC-sentris). Saya juga rutin menjadi silent reader di NeoGAF – mungkin salah satu dari sedikit forum gaming populer yang komunitasnya cukup sehat dan sopan.

Anyway, konten yang “santai” juga berarti saya tidak akan membikin resensi mengenai game-game AAA terbaru. Bukan ada niatan saya untuk melawan arus. Ini semata adalah keterbatasan teknis saya yang hanya memiliki iPad mini generasi pertama, Nintendo DS Lite yang sudah lebih dari dua tahun tidak dinyalakan, dan laptop lawas yang spesifikasinya mungkin sudah dikalahkan oleh ponsel flagship Samsung tahun ini.

* * *

Oke, itu tadi adalah hal-hal yang tidak dibahas oleh TPM. Jadi apa isi TPM sebenarnya? Rasanya sesekali saya akan memberikan resensi singkat mengenai game-game yang saya mainkan, kebanyakan mungkin adalah game single player lawas atau berbau indie dengan fokus pada cerita dan bukannya kecepatan refleks atau banyak-banyakan actions per minute.

Tapi TPM sebagian besar akan berisi pengalaman subyektif dan refleksi pribadi saya sendiri sebagai seorang gamer berkeluarga umur 30-an. Selain itu, bakal ada juga tautan-tautan yang saya anggap menarik dan perlu dibagikan. Terkadang saya mungkin akan berkomentar mengenai hal-hal serius yang terjadi di komunitas atau industri: Feminisme, hak-hak konsumen, etika monetisasi, kekerasan dan efeknya, atau sejumlah topik lain yang membuat pening kepala.

Pun cara penulisannya juga saya usahakan terasa “santai”, dalam artian tidak terdengar sangat obyektif, formal, dan membawa aura kepakaran. Toh dari segi keahlian bermain saya tidak jago-jago amat dan waktu bermain saya juga tidak lagi berlimpah seperti waktu masih sekolah. Maka sudut pandang yang saya pakai dalam menulis di sini mayoritas adalah dari kaca mata seorang gamer tua nan amatiran yang sudah semi-pensiun.

Oh iya; Kalau kebetulan saya sedang kebangetan lowongnya, mungkin saya juga akan membahas hal-hal di luar video game, namun masih bertautan erat dengan hobi ini. Misalnya mengenai komik, animasi, film, musik, atau buku yang temanya masih cukup geeky untuk ditampilkan di TPM. Saya berharap tidak sering-sering melakukan itu, karena saya inginnya video game tetap menjadi fokus utama blog ini.

Akhir kata, selamat menikmati TPM. Tidak apa-apa juga kalau blog ini tidak cocok dengan kebutuhan atau selera anda, seenggaknya terima kasih karena sudah mampir. 🙂

Iklan